Posts

Showing posts from May, 2013

Non Profit = Profitable!

Image
Pas tes AFS tahap II kemaren, pas wawancara kepribadian, ada pertanyaan yang cukup bikin kaget karena aku ga nyangka aja mereka bakal nanyain itu. Puji Tuhan, aku udah tau pasti jawabannya, udah sering aku pikirin juga soalnya haha.
Buat apa sih jadi young entrepreneur? Dan kenapa kamu memutuskan bergabung di organisasi-organisasi sosial yang jelas-jelas adalah organisasi non profit? Hahaha ga nyangka banget kan bakal dikepoin nyampe segitunya.
Shap.
Jadi gini, aku udah setaun kan punya toko tas batik yang (Puji Tuhan) rezekiku mengalir terus dari situ. Selalu balik deh modalnya (amin...). Dan aku juga join di beberapa organisasi sosial non profit: Greenpeace, Cause.org, Yayasan Kasih Kanker Anak Jogjakarta, Young On Top, semacem itu deh.

Buat aku, antara kewirausahaan dan organisasi sosial yang sama-sama lagi aku tekuni ini jelas ada kaitannya. Seenggaknya, buatku sih hubungan antar keduanya tuh logis.

Aku diajarin untuk mandiri sejak kecil (meskipun nyatanya kadang manja juga -_-), d…

Makhluk aneh bernama manusia

Ketika makhluk-makhluk itu mulai sibuk sama dunianya sendiri, yang mereka butuhkan cuma kepekaan.
Peka untuk melihat, mendengar, merasakan.
Kalo mereka nggak sendirian disini.
Kalo mereka dilahirkan bukan cuma untuk numpang minum aja. (Falsafah Jawa: Urip mung mampir ngombe).
Kalo ada sebab dan tujuan dari proses penciptaan mereka.
Makhluk paling cerdas (katanya) di planet ini. Atau bahkan di jagad raya ini.
Sekaligus yang paling gila, paling aneh.
Yes, manusia. Human. People. Homo Sapiens.

Peka itu perlu. Peduli itu penting.
Jangan jadi tak acuh dengan dunia sekitar.
Dunia berputar, dan kamu jangan hanya diam. Atau kamu akan tertinggal di belakang.
Ada makhluk lain di sekitarmu. Ada manusia-manusia lain. Hewan-hewan. Tumbuh-tetumbuhan.
Berjalan beriringan tentu akan lebih baik daripada saling kejar-mengejar.
Terengah-engah. Bikin lelah.

Makhluk aneh. Manusia. Homo Sapiens.
Peka, ya?

Indonesia Marketeer Festival 2013

Image
Jadi gini.  Ehm.  Aku barusan pulang dari sebuah event di The Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, namanya Indonesia Marketeer Festival 2013 yang diselenggarakan oleh kerjasama MarkPlus Inc. dan majalah Marketeers Indonesia, serta disponsori PT Pos Indonesia. Event ini adalah seminar seharian penuh yang mengupas tuntas cara jadi marketing yang baik dengan meningkatkan penjualan, mencapai target, memperoleh konsumen, semacem itu deh. Berhubung seharian penuh dari jam 7 pagi nyampe jam 6 sore, makanya aku izin sekolah hari ini buat memenuhi undangan atas nama Little Luna hehehe seneng maksimal bisa cabut dari pelajaran B Indonesia 4 jam penuh wkwkwk \(‾▿‾\)┌(_o_)┐(/‾▿‾)/
Ehtapiiii jangan kira aku dapet undangan, seneng, dateng, trus seneng lagi. Buat dapet undangan ini, aku sempet 'terpuruk'dan 'berjuang'. Halah. Intinya, undangannya kan via sms. Mereka sms ke nomor ayahku dan dasar ayahku kan emang ceroboh tuh, smsnya kehapusdihapuskehapus aku juga ga tau, beliau aja ga mau …