Ujian Nasional SMP ✨

Seingat saya, Ujian Nasional SMP adalah salah satu penentu terbesar dalam hidup saya sejauh ini. Saya adalah tipikal orang perfeksionis, dan kadang hal ini justru jadi bumerang bagi saya sendiri. Saya selalu ingin memberikan usaha terbaik saya, hingga hasil akhirnya pun nanti akan sesuai dengan yang diharapkan. Sewaktu SMP, saya ingat betul penyesalan saya ketika tidak berhasil masuk ke SMP idaman saya waktu itu, dan berniat "balas dendam", masuk ke salah satu SMA favorit di Yogyakarta.
Tuhan mencipta dan menghendaki semua indah pada waktunya. Mungkin memang waktu itu saya belum sedewasa sekarang, sehingga Tuhan tidak mengabulkan keinginan saya semudah itu. Keinginan saya baru terkabul di SMA ini, ketika akhirnya saya berhasil masuk ke SMA 8 Yogyakarta, yang semakin meningkatkan kualitas saya sebagai manusia.
Semakin saya renungkan, memang benar adanya jika hasil akhir akan selalu sesuai dengan proses.

Ibu-ibu... edukasi formal hanya bertugas untuk mengantarkan anak anda menjemput impiannya. Besok UN SMP akan dilaksanakan, tentu kita mengharap hasil yang terbaik. Namun, apabila jika hasil yang didapat belum sesuai harapan, teruslah semangati putra-putri anda. Percayalah, saya pernah merasakan betapa terkekangnya saya ketika kecil dipaksa untuk mempelajari hal yang tidak saya sukai.
Saya tahu, keinginan orangtua adalah anaknya mendapatkan yang terbaik. Namun, terbaik menurut orangtua belum tentu terbaik bagi anak. Jika putra-putri anda belum berhasil di satu bidang yang anda harapkan, doronglah ia untuk berprestasi di bidang kesukaannya yang lain. Nilai dalam rapor memang perlu, namun pemahaman dan implementasi saya kira adalah hal yang utama dalam pendidikan.

Semoga sukses untuk adik-adik sekalian, sukses berarti bahagia dengan apa yang kita kerjakan. Semoga semua selalu ingat bahwa Tuhan selalu melihat proses kita. Bukan hasil akhir. Dan jangan lupa, selalu lawan ketidakjujuran, integritas negara ini adalah prioritas nomor satu.

Selamat memulai pekan yang baru!✨

Comments

Popular posts from this blog

Gimana Caranya Kuliah S1 di Prancis?

Cita-Cita Kartini: Personal project dedicated for a heaven called Indonesia

Kesan-kesan dan Cerita Tentang Kelas Inspirasi Yogyakarta 2016