Posts

Showing posts from October, 2015

Generasi Macam Apa Yang Sedang Mereka Ciptakan

Jujur terselip rasa khawatir setiap mendengar perbincangan-perbincangan masyarat mengenai isu-isu terkini.

Khawatir.

Apakah generasi saya mampu memajukan dan memperbaiki keadaan yang telah anda, bapak ibu kami, ciptakan?

Jika bahkan untuk nilai di rapor pun kami terbiasa diajari untuk selalu dapat nilai A atau 100 atau 10, entah bagaimanapun caranya?

Jika bahkan anda sebagai orangtua masih belum dapat mengajak kami untuk berdiskusi, menerima pendapat kami, bahkan untuk permasalahan yang remeh sekalipun?

Jika bahkan anda sebagai orangtua, sebagai alat kontrol utama dalam hidup kami, sebagai panutan kami, dengan sengaja memboncengkan kami tanpa pelindung kepala atau bahkan membelikan kami kendaraan di saat kami belum mencapai usia yang legal untuk berkendara di mata hukum?

Jika bahkan anda berkata "Ayah malu, ibu malu" saat kami belum berhasil mendapatkan prestasi di bidang yang anda berdua inginkan sementara bidang tersebut memang bukanlah passion kami untuk berkarya?

Generas…

Everyone is An Agent of Change, in A Positive Way

Image
Meanwhile masyarakat ribet sama #UdahCapek dan satu-tahun-gagal embuh opo kuwi, meanwhile pada sambat ke hewan-hewan, meanwhile menteri-menteri saling tuding menuding dan ikut campur di bukan bidangnya, meanwhile upeti-upeti di atas tanah sengketa masih jalan terooosss...
Ini ibu satu tetep fokus ngurusin kerjaannya dong!
Tuh kan coba semua fokus maksimal dan bahagia di bidangnya masing-masing, ga perlu waton tunjuk dan akan sangat meminimalisir pesimisme :))
Kamu berharap apa dari satu tahun kalo kamu suruh presiden doang yang berubah jadi tambah tegas? Dan kamu ga bantu bikin perubahan? Dia super tegas ala ala militer pun kalo masyarakatnya pesimis ya ngga akan berhasil lah.
Mending berkarya, memberdayakan lokal menuju kompetisi global. Pandai menulis, menulislah. Pandai menggambar, menggambarlah. Pandai memotret, memotretlah. Berjuta pemikiran positif jika digabungkan pasti akan membuat perubahan besar. Be the change you wish to see in the world.


How about... A decision maker?

Kenapa politik? Kenapa jadi politikus?

Jurusan yang kadang paling akhir buat dipilih di SNMPTN.
Kolom surat kabar yang paling sering dilewatin buat dibaca.
Pekerjaan yang sering dicemooh sama orang banyak.
Sosok yang dianggap punya banyak wajah untuk banyak kesempatan.

Hehe, tidak.
Tidak seperti itu.

Semua jurusan perkuliahan itu baik (selama kita rajin belajar) dan semua bidang pekerjaan itu mulia (selama halal).

Lalu, apa yang salah dengan menjadi seorang politikus?

---------------------------
Saya pribadi, Asyana Prasetio, sejak Taman Kanak-kanak sudah ditanamkan rasa bela negara yang tinggi oleh kedua kakek-nenek saya. Karena tidak mungkin meneruskan sebagai seorang TNI/POLRI (yaiyalah badan gue mana kuaaaad), Asyana kecil jadi rajin mikir, "Aku harus jadi apa ya biar bisa majuin negara?". Dibantu oleh Bunda yang baik hati, Asyana kecil akhirnya menemukan bahwa setiap pekerjaan adalah baik adanya dan setiap perbuatan mulia pasti ada pahalanya. "Oh, maka, jadi apapun…

Selamat ulang tahun yang ke-259!

Apa yang ada dalam pikiran saya pertama kali setelah membaca artikel tentang Bus Wisata Domapan...

Iya, saya pesimis. Biarlah sesekali saya pelihara rasa pesimis, sekali saja, untuk semua "pembangunan" di kota ini, yang sedang dilakukan besar-besaran akhir-akhir ini.
Bertahun-tahun rakyat menuntut: transportasi umum, fasilitas publik, ruang ekspresi, kenyamanan bagi kaum difabel... Apa pernah didengar?
Jalan-jalan di kota kami tetap berlubang. Trotoar ramah difabel tetap belum terwujud. Pengemis masih memenuhi tiap perempatan kota.
Tapi crane-crane raksasa terus menjarah kota kami. Gedung-gedung bertingkat, yang entah punya siapa, lambat laun terus menggantikan lapangan-lapangan bermain anak-anak kami. Ijin pembangunan terus diberikan entah oleh siapa dan bagi siapa.
Percayalah, Pak Sultan, Pak Haryadi. Kami ngga butuh semua "pembangunan" dan "kecantikan" sebanyak ini. Kami tahu, kota ini adalah kota pariwisata. Tapi apa pernah anda berdua menyadari, bahw…