Posts

Showing posts from April, 2016

Kenapa Sebuah Negara Harus Punya Kaum Perempuan Yang Cerdas?

Sudah sekitar beberapa tahun belakangan pikiran saya sering dipenuhi dengan materi-materi gender, feminisme, kekerasan dalam rumah tangga, kesejahteraan keluarga, dan lain-lain. Pertama-tama perlu saya utarakan bahwa saya bukan seorang feminis. Saya tidak menyukai semua hal yang dilakukan secara berlebihan dan eksklusif: ekstrimis, feminis, sosialis, dan -is -is lainnya. Saya hanya melakukan apa yang saya anggap bermanfaat bagi orang banyak, tanpa perlu membeda-bedakan. Karena kadang semua hal yang berlebihan itu tidak baik dan tidak jarang menyinggung kepentingan kelompok berlebihan lainnya, menjadi awal mula dari kerenggangan dalam masyarakat.

Saya pribadi tidak setuju dengan feminisme yang berlebihan, sejatinya manusia diciptakan semuanya setara, tidak ada yang mendominasi atau menjadi minoritas. Pun juga menurut ajaran kitab suci beberapa agama, manusia perempuan pertama diciptakan dari tulang rusuk manusia laki-laki pertama supaya saling setara dan mengasihi, bukannya diciptakan d…

Gimana Caranya Kuliah S1 di Prancis?

Image
NOTE: Baca artikel ini dulu, in English, jangan malas ya ^^ http://www.thelocal.fr/20150918/2513
Haiiii, terima kasih masih setia menunggu tulisan saya yang bener-bener sesuka hati banget munculnya hahahah *pede banget*

Waktu saya nulis ini, dunia lagi kisruh bahas Ujian Nasional Berbasis Komputer yang (seperti biasa) bocor (atau sengaja dibocorkan), 10 WNI yang disandera di Filipina, sengketa Laut China Selatan yang ga tau akan selesai kapan, Uang Kuliah Tunggal beberapa perguruan tinggi yang (dianggap) makin mencekik asas kerakyatan, dan tentu saja bocornya Panama Papers. Aaaanddd... here I am. Masih berjuang sendirian di tengah-tengah kekisruhan-kekisruhan tadi, berjuang untuk tetap fokus, berjuang pakai kacamata kuda, karena kalau kebanyakan komentar, nanti justru urusan pribadi saya yang terbengkalai. Hahaha emang dasarnya perempuan banyak cakap :p

Jadi post ini saya memutuskan untuk sedikit cerita pengalaman saya mengenai studi saya besok, maaf mungkin yang berpikir tulisan say…