Posts

Showing posts from April, 2017

Cita-Cita Kartini: Personal project dedicated for a heaven called Indonesia

Image
Sejak kecil, saya memang ingin sekali bersekolah di luar negeri, karena saya suka bertemu dengan orang banyak dan melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru. Ketika SMA, saya coba mendaftar program pertukaran pelajar ke Eropa, tapi ternyata waktunya belum tepat. Lalu, ketika duduk di bangku kelas 2, saya mulai terpikirkan untuk melanjutkan kuliah ke Prancis. Awalnya saya ragu, terutama karena keluarga saya bukan berada dari kalangan berada dan belum pernah ada sejarah dalam keluarga kami melanjutkan studi formal di luar negeri. Tantangan selanjutnya berasal dari lingkungan sekitar kami, tak melulu dukungan dan doa baik yang disampaikan orang pada saya. Kadang ada yang meremehkan dan yang lebih sering lagi adalah memberi dugaan bahwa,
“Kamu tak cinta Indonesia ya, makanya mau pindah ke luar negeri?”
Dugaan itu salah besar, karena kalau tak cinta Indonesia, saya benar hanya akan mengungkung diri di rumah orang tua saya, tanpa perlu menghadapi banyak tantangan di negeri orang demi menun…

Dari Utara Ke Selatan: Menton!

Image
Jadi, perjalanan ini dimulai justru sejak awal masuk kuliah, saat aku ngobrol sama temen deketku di Lille, si Carla (kalo pernah stalk Instagramku pasti tau deh karena dia suka banget spam di foto-fotoku :p). Waktu itu masih bulan-bulan pertama kuliah dan seperti universitas di Indonesia, disini kami juga punya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kegiatan-kegiatannya pun sejenis, ada pecinta alam, paduan suara, orkestra, yang mirip himpunan mahasiswa dan dewan mahasiswa gitu juga ada (tau kan aku HIMA DEMA wkwk:p). Awalnya aku pengen ikut teater, tapi terus Carla cerita kalo dia minat sama Model United Nations. Nah aku emang pernah denger tentang MUN, tapi belom cari tahu lebih lanjut lagi, aku malah cenderung pengen ikut Moot Court karena lebih masuk akal buat jurusanku di Ilmu Hukum kan. Akhirnya aku browsing dikit tentang MUN dan sebagai mantan calon anak Hubungan Internasional dan mantan calon anggota tim debat SMA (yang berarti keduanya ga jadi dilakoni hahah), aku bilang sama Carla k…